0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jusuf Kalla Minta Presiden Filipina Bantu Bebaskan Sandera

merdeka.com
Rodrigo Duterte (merdeka.com)

Timlo.net – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yakin jika Presiden Filipina Rodrigo Duterte bisa membantu membebaskan warga negara Indonesia (WNI) yang disandera di negara itu. Indonesia menyerahkan sepenuhnya pembebasan sandera kepada pemerintah Filipina.

“Kita tahu Presiden Filipina yang baru, Duterte itu tegas jadi ini tentunya, seperti itulah kebijakan pemerintah. Jadi kita minta pemerintah Filipina untuk melepaskan sandera itu (WNI),” kata Jusuf Kalla, Jumat (5/8).

Tidak menutup kemungkinan pihak perusahaan bernegosiasi dengan kelompok Abu Sayyaf untuk membebaskan sandera. Cara seperti ini membuat kelompok bersenjata menjadikan WNI santapan empuk untuk pemerasan.

Menteri Pertahanan Filipina, Malaysia dan Indonesia terus berkomunikasi dan membentuk perjanjian trilateral.

“Kita kan belajar dua yang sebelumnya, ya tentu para pengusaha itu di samping pemerintah berbicara dengan pemerintah Malaysia, mungkin saja pengusaha bernegosiasi juga. Akibat dari pada itu maka berulang terus. Oleh karena itu, kali ini pemerintah tegas, agar ini kita serahkan ke pemerintah Filipina, agar pemerintah Filipina menyelesaikan,” kata dia.

Di tempat terpisah, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyebutkan Presiden Filipina Rodrigo Duterte akan menemui pimpinan Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) Nur Misuari di Sulu, Filipina Selatan. Namun pertemuan tersebut belum diketahui waktunya.

“Saya mendapat informasi, dalam waktu beberapa hari ini Presiden Duterte akan ke Sulu, ke tempat kampnya Nur Misuari. Berarti Pemerintah Filipina benar-benar akan berusaha membebaskan sandera,” ujar Gatot di Kemenko Polhukam.

Misuari akan bernegosiasi dengan kelompok Abu Sayyaf untuk membebaskan 10 WNI yang disandera. Apalagi, Misuari mempunyai jumlah pasukan MILF cukup banyak di Sulu, Filipina.

“Dia (Misuari) punya pasukan juga, punya pengaruh juga. Lobi tersebut merupakan bagian dari operasi intelijen,” kata Gatot.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge