0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jadi Tersangka, Umi Delima Ditahan

Umi Delima, istri Santoso (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Umi Delima, istri pimpinan kelompok teroris Mujahiddin Indonesia Timur (MIT), Santoso, ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana terorisme. Polisi langsung menahan perempuan tersebut.

“Mulai ditahan sejak ditetapkan sebagai tersangka tanggal 30 Juli 2016,” kata Kabagpenum Humas Mabes Polri Kombes Pol Martinus Sitompul, Jumat (5/8).

Menurut Martinus, Umi Delima diketahui bergabung sejak Januari 2015 lalu. Sejak bergabung, Umi Delima sudah mengetahui rencana amaliah pembunuhan 3 warga sipil di Tangkura, Poso. Bahkan, selama bergabung dengan kelompok Santoso, Umi Delima juga terlibat dalam kontak senjata dengan aparat di Camp Tasrib pada 17 Agustus 2015 silam.

“Saat di Rompo Napu waktu meninggalnya Dodo alias Fonda, serta terakhir menyembunyikan senjata SS2 pegangan Santoso saat kontak meninggalnya santoso sampai yang berangkutan tertangkap,” jelas Martinus.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menuturkan kalau Umi Delima pun ikut terlibat dalam latihan tadrib, menembak dan melempar bom selama menjadi anggota Santoso.

“Ikut latihan tadrib, menembak dan lempar bom selama gabung dengan Santoso di atas,” tandas Martinus.

Diketahui, pentolan MIT Santoso dan Muchtar tewas saat baku tembak dengan tim Satgas operasi Tinombala pada Senin (18/7) lalu. Sedangkan, Delima istri Santoso dan Basri serta istrinya yang berada di lokasi saat terjadinya kontak senjata berhasil melarikan diri.

Namun, tak memakan waktu lama tepatnya Sabtu (23/7), Delima ditangkap di tengah hutan dalam keadaan kelaparan. Hanya saja dalam penangkapan Umi Delima polisi menangkap Delima seorang diri. Sedangkan Basri dan istri dinyatakan berhasil melarikan diri.

[tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge