0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Susu Kecoa, Makanan Super Berikutnya?

Kecoa kumbang Pasifik. (Dok: Timlo.net/ bugguide.net)

Timlo.net—Makan serangga sepertinya menjadi tren baru di luar negeri. Semut dan belalang disajikan di restoran-restoran mewah; jangkrik dikumpulkan dan dibuat menjadi energy bar. Sekarang salah tren terbaru adalah susu kecoa.

Kebanyakan kecoa bertelur, tapi ada satu spesies yaitu kecoa kumbang Pasifik, yang melahirkan anak-anaknya. Induk kecoa kumbang menyusui anak-anaknya dengan cairan putih yang terbuat dari kristal protein di perut mereka.

Baru-baru ini, sebuah tim peneliti internasional menemukan jika cairan ini sangat bernutrisi. Di dalamnya terkandung banyak protein yang baik untuk kesehatan, asam amino esensial, karbohidrat dan lipid.

Peneliti Subramanian Ramaswamy, seorang ahli biokimia dari the Institute for Stem Cell Biology and Regenerative Medicine di India berkata kepada The Washington Post jika dia bisa melihat susu kecoa kumbang bisa digunakan dalam protein shake.

Tapi dia menambahkan supaya susu kecoa ini bisa diproduksi massal, susu itu perlu diproduksi di sebuah laboratorium (lab). Dan sebelum susu itu bisa dikonsumsi, para peneliti perlu memastikan jika kristal susu itu beracun atau tidak untuk manusia.

Sumber: Women’s Health.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge