0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahap I Sudah Cair, Bapermas Terjunkan Tim Pemantau Dana Desa

Ilustrasi Uang ()

Klaten — Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Klaten bakal menerjunkan tim pemantau pelaksanaan realisasi Dana Desa. Hal itu menyusul pencairannya Dana Desa tahap satu oleh 391 Pemerintah Desa (Pemdes) se-Kabupaten Klaten beberapa waktu lalu.

“Meski semua (Pemdes) sudah mencairkan, kami menerjunkan tiga tim untuk memantau sejauh mana pelaksanaan Dana Desa yang sudah cair,” ujar Kepala Bapermas Klaten, Herlambang Jaka Santosa, Kamis (4/8).

Dijelaskan, masing-masing tim pemantau tersebut berasal dari unsur pemerintahan, pembangunan dan Bapermas. Mereka akan memantau pelaksanaan pencairan Dana Desa tahap satu selama 16 hari, mulai 25 Juli hingga 9 Agustus 2016.

Mereka akan bertugas memantau realisasi pembangunan fisik, tata kelola administrasi, dan partisipasi masyarakat. Sebab, sebagai syarat pencairan Dana Desa tahap kedua akhir Agustus nanti, Pemdes minimal sudah merealisasikan 50 persen penggunaan Dana Desa tahap satu.

“Partisipasi masyarakat dalam realisasi Dana Desa merupakan poin penting untuk mengetahui sejauh mana pemberdayaan masyarakat di desa. Apakah yang terlibat hanya simbolis atau memang dilaksanakan,” tutur Herlambang.

Selain menerjunkan tim pemantau, Bapermas juga mendorong partisipasi masyarakat jika terjadi penyimpangan penggunaan Dana Desa. Karena tahun ini Kabupaten Klaten mendapatkan jatah Dana Desa sebesar Rp 243,8 Miliar untuk 391 desa.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge