0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ajang IMC-Singapore, Daffa Raih Perunggu

Harfin (ist)

Solo – Di ajang kompetisi International Mathematics Contest–Singapore (IMC- Singapore), Daffa Hafrin Avicena Al Azizi, siswa kelas 4 SDII Al Abidin Surakarta akhirnya berhasil memperoleh medali perunggu. Medali tersebut akan dipersembahkan kepada para donatur.

“Akan saya persembahkan kepada para donatur yang telah membantu biaya berangkat ke sana,” ujar Daffa saat bertemu wartawan, di Solo, Kamis (4/8).

Dalam mengikuti IMC-Singapore, Daffa mengaku, harus biaya sendiri dari mulai biaya perjalanan, penginapan selama di Singapura serta untuk biaya konsumsi. Padahal IMC – Singapore berlangsung mulai tanggal 29 Juli hingga 1 Agustus 2016.

“Karena tidak sedikit, maka kami mencari donator. Alhamdulillah dapat,” ujarnya.

Selama mengikuti IMC – Singapore, Daffa mengatakan, harus berkompetisi dengan para pelajar yang berasal dari beberapa negara. Diantaranya yaitu Indonesia, China, Malaysia, Hong Kong, Taiwan, Philippines, Korea, Thailand, Iran, Singapura dan Vietnam.

Tim Indonesia, menurut Daffa, di bawah bimbingan Raden Ridwan Hasan Saputra, Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA, tim ini berjumlah 102 siswa, terdiri dari kelas 3 SD hingga kelas 11 SMA yang mengikuti kompetisi dalam bidang matematika tersebut. Dari 102 siswa perwakilan Indonesia, 9 anak berhasil meraih medali emas, 17 anak meraih medali perak, 38 anak meraih medali perunggu, 37 anak meraih merit, dan 1 anak sebagai partisipan.

Soal-soal matematika yang diberikan dalam IMC-Singapore, menurut Daffa, memang sangat sulit. Bahkan belum pernah menemui soal semacam itu. Namun ternyata Daffa tidak mau menyerah dan berusaha sekuat tenaga supaya bisa mengerjakan soal-soal tersebut.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge