0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Benda Purbakala Abad IX Ditemukan Tersebar di Teras

Salah satu stupa yang ditemukan di Desa Teras, Boyolali, kondisinya tidak terawat (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Sejumlah benda purbakala diduga peninggalan Budha abad IX ditemukan di sejumlah titik di wilayah Desa Nepen, Teras, Boyolali. Sayangnya benda purbakala ini tidak terawat. Seperti misalnya sebuah batu stupa yang mirip dengan stupa di Candi Borobudur, tergeletak di kebun kosong di areal pemakaman di Dukuh Kestalan, Desa Nepen, Teras.

“Stupa ini sudah ada di sini sejak saya masih kecil,” kata Kaur Keuangan Desa Nepen, Muhtadi, Kamis (4/8).

Sayangnya, tak ada petunjuk atau prasasti yang menerangkan keberadaan stupa tersebut. Menurut Muhtadi, stupa tersebut bagian dari serpihan dari kereta Raden Sombo yang hancur karena tidak mampu melewati pasukan Harjuna.

“Dulu juga ada yang berbentuk roda di sekitar sini,” imbuhnya.

Tak jauh dari lokasi temuan pertama, juga ditemukan batu besar seperti stupa di Dusun Nepen, Desa Teras, atau berjarak 300 meter dari lokasi temuan pertama. Sama dengan di Dusun Kestalan, di lokasi ini, ada tiga batu yang kondisinya juga tidak terawat.

“Empat tahun yang lalu katanya mau diambil dari Yogya (BPCB) tapi kok tidak jadi, ndak tahu kenapa,” ujar Suwardi, warga sekitar.

Terpisah, Anggota Tim Museum Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Boyolali, Surojo, menjelaskan, tiga stupa di Desa Nepen itu merupakan peninggalan komunitas Budha dari abad IX. Stupa tersebut satu-satunya temuan peninggalan Budha yang bentuknya utuh. Untuk Boyolali sendiri selama ini benda purbakala temuan berasal dari peninggalan Hindu.

“Biasanya stupa budha ditemukan tidak utuh, tapi ini masih utuh,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mendesak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Boyolali mengusulkan kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah agar segera dilakukan ekskavasi.

“Kemungkinan masih banyak sisa batu peninggalan Budha yang masih terpendam,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge