0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kak Seto: Jangan Paksa Anak Belajar

Kak Seto dalam acara Parents Gathering di Gedung Sasana Manggala Sukowati Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Pemerhati anak, Seto Mulyadi atau akrab dipanggil Kak Seto melarang orang tua untuk memaksa anak belajar. Anjuran ini diungkapkan di hadapan ribuan guru dan orangtua dalam suatu acara Parents Gathering bersama Kak Seto di Gedung Sasana Manggala Sukowati Sragen, Rabu (3/8).

“Jangan memaksa anak untuk belajar,” kata Kak Seto.

Kak Seto pun kemudian menjelaskan, tidak memaksa anak belajar tersebut bukan berarti membiarkan anak untuk tidak belajar sama sekali. Namun guru di sekolah ataupun orangtua di rumah hendaknya mampu menciptakan suasana yang menggembirakan untuk anak belajar.

“Apabila anak belajar dalam suasana yang menggembirakan maka anak akan terbebas dari rasa malas,” jelasnya.

Mantan Ketua Komnas Perlindungan Anak ini menyatakan, anak jangan sampai dibebani jam belajar yang padat setiap harinya. Mulai dari belajar di sekolah sampai dengan les di luar jam sekolah. Kalau ini terjadi, maka ada kemungkinan anak akan mengalami stres. Karena tidak ada waktu bagi anak untuk bermain dan mengembangkan kreatifitas.

“Stres yang terjadi pada anak dapat membuat anak enggan untuk ke sekolah, karena sekolah serasa seperti penjara,” papar Kak Seto.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge