0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lelang Selesai, PLTSa Putri Cempo Diproyeksikan Beroperasi 2018

dok.timlo.net/achmad khalik
TPA Putri Cempo, Mojosongo. Jebres, Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Lelang pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo telah dimenangkan PT Citra Metrojaya Putra. Dengan munculnya pemenang, PLTSa yang digadang-gadang menjadi solusi permasalahan sampah di Solo itu bisa segera terealisasi.

“Targetnya 2018 sudah beroperasi. Ini kan masih tahap perencanaan dulu,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Hasta Gunawan, Rabu (3/8).

Untuk merealisasikan PLTSa, Pemkot Solo bersama pemenang lelang akan segera menyiapkan dokumen-dokumen pendukung seperti DED (Detailed Engineering Design), serta Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) sebelum bisa memulai pembangunan fisik. Selain itu, Pemkot juga harus berkomunikasi dengan PT PLN selaku calon pembeli tenaga lisrik yang dihasilkan PSTSa itu.

“Kira-kira butuh waktu satu tahun untuk bisa beroperasi. Tapi kita usahakan bisa lebih cepat kalau bisa persiapannya cukup 9 bulan saja,” kata dia.

Proyek PLTSa ini diperkirakan bakal menelan sampah hingga 1000 Ton per hari. Sedangkan di Solo, volume sampah yang ditimbulkan ‘hanya’ 260 Ton per hari. Jauh di bawah kebutuhan ideal untuk operasional PLTSa. Untuk memenuhi kebutuhan sampah tersebut, Solo harus mengimpor sampah dari daerah-daerah sekitar.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge