0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ngetem Sembarangan, Sopir Angkot Diganjar Hormat ke Rambu

merdeka.com
Dishub Malang hukum supir angkot hormat ke rambu jalan (merdeka.com)

Timlo.net — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang menghukum para sopir angkutan umum atau mikrolet melanggar peraturan dengan cara unik. Mereka yang tertangkap melanggar diminta memberi hormat kepada rambu lalu lintas.

Seorang sopir di sekitar fly over Arjosari, dihukum oleh petugas Dishub untuk menghormat pada rambu jalan dilanggar. Dia itu tidak mengindahkan larangan berhenti, justru bersantai menunggu penumpang.

“Pelanggar lalu lintas disanksi dengan hukuman menghormat pada rambu lalu lintas, hingga push up di tempat. Ini bentuk shock therapy agar lebih menghargai rambu-rambu yang dipasang,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Kusnadi, Rabu (3/8).

Kusnadi mengatakan, tindakan tegas itu diambil untuk ketertiban. Karena beberapa titik sengaja dijadikan terminal bayangan oleh para supir angkutan umum. Sehingga menyebabkan kemacetan panjang di fly over.

“Kami fokuskan di bawah fly over Arjosari karena beberapa angkutan umum yang ngetem di sana, sudah cukup mengganggu lalu lintas, keindahan dan juga ketertiban,” katanya.

Sekian titik yang selama ini diindikasikan sebagai terminal bayangan secara berangsur akan ditertibkan. Karena keberadaannya sudah mengganggu hak orang lain.

“Kami akan menyasar titik-titik lainnya yang ditengarai dijadikan terminal bayangan,” tegasnya.

Puluhan sopir angkutan ditindak sesuai dengan jenis pelanggarannya, tetapi paling banyak tidak mematuhi rambu jalan. Karena itu, sanksi yang diberikan pun dalam bentuk persuasif.

Sebelumnya, Kusnadi juga melakukan penindakan kepada juru parkir nakal. Ia melaporkan dua orang ke polisi karena kepergok menarik parkir dengan tarif jauh di atas ketentuan.

[ary]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge