0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tertibkan Galian C Lereng Merapi, Ganjar Gandeng Tiga Bupati

dok.timlo.net/nanin
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mulai mencari cara untuk menertibkan penambangan galian C di kawasan Lereng Gunung Merapi. Hal ini menyusul penambangan rakyat yang bakal diterapkan ternyata dibekingi bandar dan pemodal besar.

“Akibatnya apa, lingkungan menjadi rusak, infratruktur rusak, masyarakat protes, ini yang sedang kita cari solusi,” kata Gubernur Ganjar Pranowo, usai menghadiri acara di Gedung Merapi, Komplek Kabupaten Boyolali, Rabu (3/8).

Dijelaskan Ganjar, pihaknya akan mengandeng tiga bupati yang memiliki wilayah di kawasan Lereng Merapi, yaitu Boyolali, Klaten dan Magelang, untuk bersama-sama merumuskan model penambagan. Sebelumnya, ujar Ganjar, bila masyarakat mau tertib dan diatur dalam mengelola penambangan maka semuanya akan berjalan dengan baik.

“Semuanya harus tertib, saya tidak mungkin melarang penambangan di kawasan Merapi, karena justru berbahaya bila tidak ditambang, terutama ancaman banjir lahar dingin,tapi semua harus ditata,” ungkapnya.

Ganjar mengatakan, penambangan liar harus dihentikan. Hanya saja, Ganjar membenarkan bila berkali-kali dilakukan operasi atau razia, seringkali bocor. Sehingga pihaknya perlu berbicara dengan bupati di tiga wilayah tersebut, untuk merumuskan model penambangan yang tepat.

“Model penambangannya sama, tapi kalau mereka punya model lain yang lebih bagus, silakan usulkan ke saya,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge