0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

5.500 Peserta Jamkesda Diintegrasikan JKN

dok.timlo.net/nanang rahadian
Kepala DKK Karanganyar Cucuk Heru Kusumo (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Sebanyak 5.500 peserta program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Kabupaten Karanganyar diintegrasikan ke program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahun ini.

”Tahun ini ada 5.500 peserta Jamkesda yang diintegrasikan dengan JKN. Tahun lalu sudah ada 10.000 jamkesda yang menerima pelayanan BPJS,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar Cucuk Heru Kusumo, Senin (1/8).

Cucuk mengatakan, program integrasi Jamkesda ke JKN merupakan instruksi dari pemerintah pusat. Hal itu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

“Nantinya, pengelolaan peserta Jamkesda menjadi satu bersama BPJS Kesehatan,” jelasnya.

Pemkab Karanganyar mengupayakan agar seluruh peserta jamkesda yang ada diintegrasikan ke JKN. Namun, dalam proses tersebut menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

”Di Karanganyar total ada 65.000 peserta Jamkesda. Setiap tahun akan kita upayakan agar diintegrasikan secara bertahap,” terangnya.

Ditambahkan, pihaknya memprioritaskan penerima Jamkesda yang benar-benar membutuhkan, terutama masyarakat miskin. Untuk validasi, peserta Jamkesda yang diprioritaskan didata oleh Dinas Sosial. Selanjutnya, data tersebut divalidasi kembali oleh Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Sehingga peserta penerima diharapkan tepat sasaran.

”Sekarang penyerahan by name by addrees, penerima langsung kami undang agar tepat sasaran,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge