0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kejar Tahanan Kabur, Kejari Minta Bantuan Polisi

Mobil tahanan (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pengawalan terhadap tahanan saat akan disidang di pengadilan menjadi tanggung jawab Kejaksaan Negeri Karanganyar (Kejari). Kejari telah mempunyai standar pengamanan sendiri sesuai prosedur.

”Soal pengawalan itu menjadi tugas jaksa. Kan jaksa yang menghadirkan terdakwa ke persidangan. Termasuk bagaimana pengawalannya, menjadi ranah kejaksaan,” kata Pejabat Humas PN Karanganyar, Mujiyono, Selasa (2/8).

Sementara itu, Kasi Intel Kejari Karanganyar Sudarto mengaku pengawalan terdakwa sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP).

”Terkait pengawalan, kami sudah berkoordinasi dengan polisi. Mulai dari penjemputan di Rutan (Rutan Kelas IA Surakarta) sampai sidang dan pemulangan kembali, kami sudah mengirimkan surat ke kepolisian untuk meminta bantuan pengawalan,” jelas Sudarto mewakili Kajari Teguh Subroto.

Dia juga menyatakan, kasus tahanan kabur di Kejari baru pertama kali terjadi.

”Ke depan kami tambah lagi borgol untuk tahanan. Tadi saya tanyakan ke petugas kami, katanya ada beberapa borgol yang rusak. Saya sampaikan, hal seperti itu wajib dilaporkan. Kalau tidak lapor, bagaimana pimpinan tahu kalau ada yang rusak,” tandasnya.

Terpisah, Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak, menyampaikan Polres Karanganyar menyiapkan dua anggota Satuan Sabhara untuk mengawal tahanan di dalam bus tahanan Kejari Karanganyar.

“Status tahanan Kejari. Kami membantu mengawal atas permintaan Kejari. Jumlah personel sesuai kebutuhan dan tingkat kerawanan. Tetapi, minta berapa personel pun bisa. Kami sediakan,” kata Ade saat dihubungi, Senin (1/8).

Ade mengungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Karanganyar sudah meminta bantuan Polres menangkap tahanan yang kabur. Polres menerjunkan sejumlah anggota Polsek maupun Polres untuk mengejar dan menangkap tahanan kabur.

“Kajari sudah meminta bantuan untuk mengejar tahanan yang melarikan diri dari kantor PN Kabupaten Karanganyar. Semoga dalam waktu dekat tahanan bisa ditangkap. Tapi kami imbau dia menyerahkan diri,” jelas dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge