0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Juli, Inflasi Solo Melesat Hingga 0,62 Persen

dok.timlo.net/setyo pujis
Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Angka inflasi Kota Solo, pada Juli 2016 meningkat secara drastis jika dibanding bulan sebelumnya. Meningkatnya angka inflasi tersebut, karena dipengaruhi tingginya konsumsi masyarakat selama masa Lebaran.

“Pada Juli 2016, angka inflasi Solo mencapai 0,62 persen atau terjadi peningkatan secara signifikan jika dibanding bulan sebelumnya yang hanya 0,22 persen,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Senin (1/8).

Tingginya angka inflasi tersebut, seiring dengan dengan meningkatnya angka pada indeks harga konsumen (IHK) dari sebelumnya 120,91 menjadi 121,66 pada Juli. Dari tujuh kelompok pengeluaran yang dihitung IHK nya, semua kelompok pengeluaran mengalami kenaikan.

Hasil survei yang dilakukan BPS, untuk kelompok bahan makanan naik 1,32 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau naik 0,13 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar naik 0,21 persen, sandang naik 0,52 persen, kesehatan naik 0,09 persen, pendidikan, rekreasi dan olahraga naik 0,02 persen dan kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan naik 1,60 persen.

“Dari tujuh kelompok pengeluran itu, komoditas yang memberikan andil tertinggi inflasi adalah tarif angkutan udara, daging ayam ras, bawang merah dan tarif listrik,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge