0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indonesia Targetkan Juara Para Badminton 2016

Kejuaraan Internasional badminton penyandang difabel yang bertajuk Indonesia Open Para Badminton 2014 (Dok. Timlo.net/Aryo)

Solo — National Paralympic Comittee (NPC) Indonesia kembali punya hajatan kejuaraan bulutangkis difabel bertajuk Para Badminton Indonesia 2016 yang digelar di Sritex Arena, Rabu-Minggu (3-7/8). Sebagai tuan rumahnya, Indonesia pun kembali mengusung juara umum.

Dua penyelenggaraan sebelumnya, NPC Indonesia berhasil meraih gelar juara. Pada event kali ini, 12 negara peserta dari  Asia hingga Eropa bakal hadir. Mulai dari Thailand, Singapura, Korea Selatan, Jepang, Sri Lanka, India, Hong Kong, Rusia, Belanda, Prancis, dan Polandia.

Thailand menjadi tim dengan wakil terbanyak, yakni 30 atlet, diikuti Indonesia dan Korsel yang sama-sama menurunkan 15 atlet. Sedangkan Prancis dan Polandia jadi kontingen dengan jumlah delegasi paling sedikit, yakni satu.

“Target juara harus kami raih lagi. Kami yakin dengan kekuatan tahun ini, meski tim peserta yang ikut serta makin bertambah,” ujar Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun, Senin (1/8).

Pada musim lalu ajang parabadminton ini diikuti sebanyak 10 negara. Sedangkan ketika perdana digelar pada 2015 diramaikan sebanyak sembilan negara. Event ini mempertandingkan lima nomor, yakni tunggal putra, putri, ganda putra, putri, dan ganda campuran. Setiap nomor melombakan lima kelas berdasarkan tingkat disabilitas atlet, yakni wheelchair 1, wheelchair 2, lower 3, lower 4, dan upper 5.

Tuan rumah membidik medali emas di empat kelas, yakni lower 3, lower 4 putra, upper 5 putra, dan lower 4 putri. Di lower 3 putra yang jadi andalan adalah Ukun. Sedangkan lower 4 putra, yakni Hari Susanto dan Fredy Setiawan. Upper 5 putra dipercayakan kepada Suryo Nugroho dan Odi Kurnia. Terakhir, lower 4 putri adalah Leani Ratri dan Alimatussa’diyah.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge