0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tidak Ada Sekolah Kerjasama dengan FETO

timlo.net/eko prasetyo
Aryo Widyandoko (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Kota Solo memang terdapat sejumlah sekolah yang memiliki program boarding school (program sekolah asrama) dan program bilingual (program dua bahasa). Namun sekolah-sekolah itu tidak ada kaitannya dengan Organisasi Teroris Fethullah (FETO).

“Sejauh ini tidak ada sekolah di kota Solo yang terkait dengan Organisasi Teroris Fethullah (FETO),” tandas Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo, Etty Retnowati, Senin (1/8).

Etty mengaku, pihaknya tidak mendapat laporan ada sekolah baru atau yang mengadakan kerja sama atau semacamnya dengan organisasi tersebut. Termasuk tidak ada pemberitahuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang perintah ada sekolah yang harus ditutup terkait organisasi FETO.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Dikpora Solo, Aryo Widyandoko mengemukakan, bila ditinjau dari sisi hukum, sekolah di Indonesia, termasuk di Kota Solo pasti memiliki badan hukum Indonesia. Sehingga struktur organisasi badan hukum, jajaran pengurusnya atau manajemen, semestinya sudah pasti orang-orang Indonesia.

Namun demikian, Aryo mengakui, dari sisi sumber dana, pihaknya tidak mengetahui detil tentang sumber dana untuk setiap sekolah.

“Kami memang tidak mengetahui, dan untuk sumber dana memang bukan ranah kami,”ungkapnya.

Menurut Aryo, Dinas Dikpora hanya harus memastikan kurikulum yang diterapkan di setiap sekolah sesuai standar minimal pendidikan yang berlaku. Bila ada kurikulum tambahan, yang harus digaris bawahi sekolah adalah kurikulum tersebut tidak boleh bertentangan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge