0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Natuna Masih Jadi Surga Bagi Pencuri Ikan

Kapal nelayan (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Sebanyak 29 unit kapal pencuri ikan diamankan selama kurun waktu Juli 2016. Di mana, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap 16 kapal, Baharkam Polri 6 kapal, Bakamla 3 kapal, dan TNI AL 4 kapal.

Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, kapal Orca 01 KKP menangkap satu kapal ikan asing dan kapal Orca 02 menangkap dua kapal ikan asing tanpa bendera di perairan Natuna.

Dia menambahkan, Kapal Orca 03 menangkap delapan kapal ikan asing, dan Kapal Hiu 13 juga menangkap dua kapal. Selain itu, Kapal Hiu Macan Tutul 02 menangkap dua kapal ikan asing juga di Natuna.

Sementara, Kapal Napoleon 049 menangkap sebuah kapal ikan asing ilegal di Arafura. “Berdasarkan hasil operasi pada bulan Juli 2016, berhasil ditangkap kapal ikan illegal fishing sebanyak 29 unit,” ujar Menteri Susi, Senin (1/8).

Menteri Susi melanjutkan bahwa semua kapal ini nantinya akan ditenggelamkan guna membuktikan Indonesia sangat serius dalam menghukum para pelaku pencuri ikan dan tidak membedakan dari mana asal kapal asing tersebut.

“Dari mana pun asal negaranya, mencuri ikan di wilayah kita ya wajib kita hukum,” tegas Menteri Susi.

Menteri Susi menegaskan, pemerintah berkomitmen dalam penertiban perikanan Indonesia dan pihaknya juga meminta kapal negara lain untuk menghargai zona ekonomi eksklusif Indonesia.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge