0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Muslim Eropa Hadiri Misa Pemakaman Pendeta Korban ISIS

Timlo.net/EPA/FLAVIO LO SCALZO
Umat Muslim hadiri misa. (Timlo.net/EPA/FLAVIO LO SCALZO)

Timlo.net—Umat Muslim menghadiri misa yang digelar Minggu pagi (31/7) di berbagai gereja di benua Eropa termasuk di gereja di mana seorang pendeta dibunuh minggu lalu.

Dua orang remaja yang merupakan pendukung ISIS menyandera seorang pendeta dan beberapa orang di sebuah gereja Katolik di Normandy, Perancis dua minggu lalu. Keduanya lantas menggorok leher sang pendeta yang bernama Jacques Hamel yang berusia 85 tahun.

Minggu pagi, umat Muslim menghadiri misa untuk menunjukkan kesatuan dan solidaritas melawan teror yang mengatasnamakan ajaran Islam. Beberapa Muslim duduk di bangku depan gereja, dekat altar di mana Bapa Jacques Hamel mati. Mereka bergabung dengan jemaat yang dipimpin salah satu biarawati yang juga menjadi korban penyanderaan.

Solidaritas serupa ditunjukkan umat Muslim di gereja-gereja di Italia termasuk di Milan dan Roma di mana gereja membuka ibadah untuk umat lintas agama.

Di luar katedral di Rouen, dekat dengan Saint-Etienne-du-Rouvray di mana Bapa Jacques meninggal, masyarakat bertepuk tangan saat sekelompok umat Muslim memasang spanduk bertuliskan, “Kasih untuk semua. Kebencian tidak untuk siapapun.”

Banyak umat Muslim yang ikut dalam aksi solidaritas ini merupakan umat Ahmadiyah. “Kami sangat tersentuh dengan kehadiran teman-teman Muslim kami dan saya percaya hal ini merupakan aksi yang berani saat mereka mendatangi kami,” kata Uskup Agung Rouen, Dominique Lebrun, setelah ibadah di Rouen.

Sumber: Metro.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge