0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Konsumsi Obat Keras, Empat Pelajar Diamankan

Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak dan Kasubag Humas AKP Rohmat menunjukkan obat keras (foto: Nanang)

Karanganyar – Anggota Bhabinkamtibmas di Polsek Mojogedang menangkap pelajar yang mengantongi obat kategori K atau keras, Trihexphynendyl. Obat itu sering disalahgunakan sejumlah pihak untuk mendapatkan sensasi melayang atau fly dan mabuk dengan cara murah.

“Obat itu sebenarnya untuk mengatasi gangguan gerakan yang tidak normal dan tidak terkendali akibat penyakit Parkinson, dan termasuk obat penenang,” kata Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak, Jumat (29/7).

Empat orang yang ditangkap masing-masing APP (17), Haryanto (25), IPS (15), dan NS (17). Dua di antara adalah pelajar dan salah satu dari empat orang itu adalah perempuan. Empat orang itu diduga dalam kondisi teler saat ditangkap.

“Anggota kami sedang melakukan patroli dari Mojogedang menuju Jambangan pada Senin (18/7) sekitar pukul 22.30 WIB,” kata Kapolres.

Mereka melihat empat orang itu berkumpul di tempat gelap. Anggota menaruh curiga. Mereka mendekati dan memeriksa sepeda motor milik salah satu pelajar. Sepeda motor tanpa plat nomor. Anggota mengecek jok sepeda motor.

“Anggota menemukan delapan strip atau sekitar 80 butir Trihexphynendyl yang diduga milik APP, pelajar di salah satu SMK di Karanganyar,” jelasnya.

Kapolres menuturkan jenis pil itu bukan termasuk obat berbahaya pada kategori psikotropika maupun narkotika. Polres memutuskan memberikan pembinaan dan pengertian kepada pelajar.

“Bukan obat berbahaya golongan narkotika dan psikotropika. Tapi banyak digunakan pemakai pemula yang ingin mendapatkan efek sama (fly atau mabuk). Ini masuk obat penenang,” kata jelasnya.

Harga satu Trihexphynendyl isi 10 butir adalah Rp 5.000-Rp 7.000 per strip. Obat itu termasuk kategori K atau keras tetapi dapat dikonsumsi tanpa resep dokter. Ade menyampaikan Polres akan berkoordinasi dengan balai pemasyarakatan (Bapas) dan mengembangkan kasus itu.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge