0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengamat Desak Flyover Purwosari Segera Dikerjakan

dok.timlo.net/daryono
Perlintasan rel Purwosari yang akan dibangun fly over (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS), Dr. Ir. Solihin Asad menyatakan, kini sudah saatnya flyover Purwosari Solo mulai dibangun. Salah satunya untuk mengurai kemacetan yang terjadi di kawasan tersebut.

“Tentu saja melintas di atas persimpangan rel kereta Purwosari,” ujar Solihin, Jumat (29/7).

Menurutnya, saat kendaraan bermotor melintas rel kereta, pasti berhenti beberapa detik baru kemudian melanjutkan. Padahal, setiap hari arus jalanan Slamet Riyadi di kawasan tersebut dipastikan selalu padat. Akibatnya, sering terjadi macet.

“Hal itu diperparah saat pintu palang kereta ditutup lantaran ada kereta melintas, pasti macet parah,” ujarnya.

Kemacetan dari arah barat, menurut Solihin, bakal terjadi mulai pertigaan Kleco ke timur hingga palang pintu kereta Purwosari. Begitu pula dari arah timur mulai perempatan Purwosari hingga palang pintu kereta dari sisi timur. Bahkan ditambah kendaraan dari arah jalan Agus Salim.

“Karena itu, perlu dibangun flyover bukan underpass. Karena flyover lebih cocok. Tujuannya untuk mengurai kemacetan yang semakin hari semakin parah,” jelasnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, flyover dari sisi timur mulai dibangun berawal dari sekitar depan Kantor PLN Surakarta. Sedang dari sisi barat mulai dari SMP Batik Solo. Kedua tempat itu ideal untuk memulai naik.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge