0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kerusuhan Tanjung Balai Tak Berencana

Kerusuhan di Tanjung Balai (merdeka.com)

Timlo.net – Kerusuhan yang terjadi di Tanjung Balai, Sumut, diklaim sebagai bentuk aksi spontan warga. Tidak ada perencanaan dalam insiden itu.

“Itu kan spontanitas, artinya perbuatan yang tidak direncanakan, karena salah satu merasa tidak nyaman dengan suara azan, lalu secara spontan mendatangi (masjid) dan marah-marah kan itu masalahnya. Karena itu terjadi juga reaksi yang spontan dari masyarakat yang mayoritas Islam,” ujar Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutiyoso, Sabtu (30/7).

Di pihak lain, warga juga spontan melakukan aksinya. Menurutnya, peristiwa ini seharusnya menjadi pelajaran dalam kerukunan agama. Seharusnya ketidaknyamanan disampaikan baik-baik dan diselesaikan dengan cara mufakat.

“Ini pelajaran lagi ya, karena ini masalah sensitif, masalah agama,” sebut Sutiyoso.

Dia menambahkan, Polri dibantu TNI sudah bisa mengendalikan kondisi di Tanjung Balai.

“Saya kira situasi sudah kondusif,” jelas dia.

Seperti diberitakan, kerusuhan terjadi di Tanjung Balai, Sumut. Massa yang mengamuk membakar serta merusak sejumlah vihara dan klenteng serta sejumlah kendaraan di kota itu, Jumat (29/7) sekitar pukul 23.30 WIB. Aksi massa dipicu protes seorang warga terhadap azan masjid di Jalan Karya, Tanjung Balai.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge