0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cerpen Antar Bambang Raih Gelar Doktor UNS

dok.timlo.net/tyo eka
Bambang Eko Hari Cahyono (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Model pembelajaran cerita pendek (Cerpen) berbasis pengembangan kreativitas telah menghantar Bambang Eko Hari Cahyono meraih gelar Doktor Universitas Sebelas Maret (UNS) ke 221. Mahasiswa Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS tersebut juga dinyatakan sebagai Doktor ke 25 dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran sastra, khususnya dalam pembelajaran Cerpen di perguruan tinggi, menurut Bambang, dosen mata kuliah kesastraan perlu mengubah paradigm pembelajaran yang teoretis ke pembelajaran yang bersifat apresiatif, problematik serta memungkinkan mahasiswa mengalami keterlibatan psikologis dengan perasaan pengarangnya.

“Dengan cara demikian, karya itu bermakna dalam dirinya dan membangkitkan kemungkinan berkembangnya kreativitas mahasiswa,” jelas Bambang saat mempertahankan disertasinya, di ruang sidang Senat UNS, Solo, kemarin.

Bambang yang juga dosen IKIP PGRI Madiun menyatakan, para pengambil kebijakan, terutama ketua program studi, perlu melakukan penataan ulang isi kurikulum program studi dengan memberikan porsi yang lebih besar bagi bahan kajian Cerpen.

Menurut Bambang, selama ini pembelajaran apresiasi cerita pendek tidak berdiri sendiri sebagai sebuah matakuliah, tetapi hanya menjadi bagian dari mata kuliah Kajian dan Apresiasi Prosa Fiksi dan mata kuliah Menulis Kreatif.

“Untuk itu, Ketua Program Studi kami sarankan untuk mempertimbangkan agar bahan kajian cerita pendek dapat diberikan dalam matakuliah tersendiri,” jelasnya.

Disertasi yang dipertahankan Bambang berjudul Model Pembelajaran Cerita Pendek (Cerpen) Berbasis Pengembangan Kreativitas Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia se Koordinasi Wilayah Madiun.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge