0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dukung Istri Lawan Paksaan Berhijab, Para Suami Ini Pakai Hijab

Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk
Pria Iran pakai hijab untuk dukung istrinya. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk)

Timlo.net—Para pria di Iran memakai hijab untuk mendukung para wanita di negara itu yang dipaksa untuk memakai penutup kepala itu saat berada di hadapan masyarakat umum. Para wanita diharuskan memakai penutup kepala di negara itu sejak Revolusi Islam pada 1979.

Wanita yang tidak memakainya atau memakai tapi masih menunjukkan rambut mereka akan memperoleh hukuman yang keras atau bahkan dipenjara di Iran. Walaupun menghadapi resiko dipenjara, para wanita seringkali melakukan protes terhadap aturan-aturan yang keras di negara itu. Beberapa wanita bahkan mencukur rambut mereka.

Sekarang para pria mulai melakukan hal yang sama untuk mendukung istri dan kerabat wanita mereka. Para pria memposting foto-foto di mana mereka memakai hijab di samping istri atau kerabat wanita. Sementara para wanita memperlihat rambut mereka tanpa penutup.

Kampanye yang disebut My Stealthy Freedom dimulai oleh jurnalis dan aktivis Iran Masih Alinejad dari New York, Amerika Serikat (AS). Dia mendesak para pria untuk mengupload foto mereka dengan hashtag #meninhijabs.

Wanita itu menerima kiriman 30 foto pria memakai hijab sejak memulai kampanye Jumat lalu. “Kebanyakan pria ini hidup di dalam Iran dan mereka menyaksikkan bagaimana kerabat wanita menderita di tangan polisi moralitas dan dipermalukan dengan aturan pemakaian hijab yang dipaksakan. Dalam masyarakat kita, kehadiran dan identitas wanita dibenarkan oleh integritas pria dan dalam banyak kasus ajaran para pemimpin agama atau pengaruh pejabat pemerintah membuat pria memiliki anggapan yang salah terkait kepemilikan terhadap wanita. Jadi saya berpikir akan menjadi sesuatu yang menakjubkan jika pria mendukung hak asasi wanita,” katanya kepada the Independent.

Seorang pria menulis: “Saya memakai hijab hanya beberapa saat untuk memahami bagaimana perasaan istri saya harus memakainya setiap hari.”

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge