0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sopir Truk Maut Ternyata Masih di Bawah Umur

foto: Ist
Truk terguling setelah jatuh ke jurang (foto: Ist)

Wonogiri — Fakta mengejutkan diketahui setelah dilakukan penyidikan oleh jajaran Satlantas dan dari hasil investigasi unit Intel Polres Wonogiri. Diketahui jika sopir truk maut yang terjun ke jurang den menwaskan tiga orang itu masih di bawah umur. Fakta lain menyebut, truk nekat menyalip kendaraan yang ada di depannya atas dasar permintaan penumpangnya sendiri. Namun demikian, sopir truk tetap dinyatakan bersalah.

“Memang truk itu sudah biasa di sana (Desa Brenggolo, Jatiroto) sebagai angkutan massal, tapi sopir ini tetap bersalah karena kelalaiannya,” ungkap Kapolres Wonogiri AKBP RR Rumondor, Jumat (29/7).

Menurutnya, lokasi kejadian berupa jalan datar, bukan tanjakan atau turunan tajam. Akan tetapi lebar jalan hanya sekitar 3,5 meter. Jalan desa itu idealnya hanya untuk satu mobil. Jika lebih semisal bersimpangan sangat berbahaya. Sebelumnya, truk berjalan beriringan dengan dua kendaraan lain yang berjalan di depannya

“Diketahui juga, sopir menyalip kendaraan yang ada di depannya itu juga atas dasar permintaan para korban, dengan alasan mau turun hujan, tapi rupanya salah satu roda truk itu menginjak tanah labil dan kemudian terperosok ke dalam jurang,” ujarnya.

Sedang dari pengakuan sopir truk, Danang (16) warga Jatiroto, dirinya sudah memegang stir atau menjadi sopir semenjak usia 14 tahun, dan belum memiliki surat ijin mengemudi (SIM). Sopir pun paska kejadian langsung diamankan ke Mapolres Wonogiri.

Kapolres menambahkan, secara hukum, Danang tetap harus bertanggung jawab atas peristiwa nahas itu yang menimpa 44 orang undangan kondangan itu.

“Karena¬† masih di bawah umur, kita koordinasi dengan kejaksaan dan kita hormati undang-undang maka untuk diberlakukan diversi, tapi kita kesulitannya untuk mengurus soal santunannya para korban karena itu kecelakaan tunggal,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge