0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Korupsi Pajak, Kepala BPMPT Masuk Bui

Ilustrasi Korupsi (merdeka.com)

Timlo.net — Kepala Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (BPMPT) Kendal, Alex Supriyono dijebloskan ke Lapas Kelas IIA oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendal Kamis (28/7) sore.  Dia ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan korupsi pajak galian C pada saat masih menjabat DPPKAD Kendal tahun 2012.

Tersangka dibawa petugas pidana khusus (Pidsus) Kejari Kendal menggunakan mobil Kijang Avanza warna hitam nopol H 9502 MM ke Lapas Kelas IIA Kendal. Alex enggan menjawab pertanyaan wartawan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendal Mustaming mengatakan, akibat perbuatanya negara (kas daerah) mengalami kerugian sekitar Rp 100 Juta.

“Jadi dalam kasus ini ada dua tersangka. Tersangka pertama, Aminudin, Mantan Kabid Administrasi Pendapatan pada DPPKAD Kendal, sudah dilimpahkan dan disidangkan di Tipikor Semarang. Tersangka kedua Alex Supriyono yang diserahkan dari Polres Kendal,” ujarnya.

Terhitung hari ini hingga 20 hari mendatang, yang bersangkutan ditahan di Lapas Kelas IIA Kendal. Mustaming menambahkan, tersangka melanggar Pasal 2 dan 3 juncto Pasal 18 UU Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah UU Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan Tipikor.

“Pasal 3 itu tindak pidana korupsi penyalahgunaan kewenangan. Jadi kapasitasnya Alex Kepala Dinas DPPKAD saat itu dan ia yang meminta kepada salah satu anggotanya yang juga sebagai tersangka untuk melakukan pungutan terhadap galian C yang seharusnya pajak itu disetor ke kas daerah, tetapi oleh yang bersangkutan tidak disetor dan bahkan untuk kepentingan pribadi,” paparnya.

[bal]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge