0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peduli Lingkungan, Ini yang Dilakukan Ponpes Baitul Quran

timlo.net/agung widodo
Ikrar GPS Ponpes Baitul Quran (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Kepedulian terhadap lingkungan hidup bukan saja menjadi tanggung jawab Badan Lingkungan Hidup (BLH), tapi juga masyarakat, termasuk kalangan pendidikan. Seperti yang dilakukan para santri di Pondok Pesantren Baitul Quran Boarding School, Kecamatan Sambirejo ini. Mereka membuat Gerakan Pungut Sampah (GPS) di lingkungan pondok.

”Kegiatan ini untuk menanamkan kesadaran akan kepedulian terhadap sampah yang perlu diajarkan pada para santri,” kata Direktur Pendidikan Ponpes Baitul Quran, Sambirejo, Sragen Sudir, Kamis (28/7).

Dalam kegiatan tersebut pihaknya sekaligus mengadakan ikrar atau janji yang dilakukan semua santri yang berjumlah 712 orang untuk konsisten dalam GPS yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara. Ikrar berisi agar mereka tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar Ponpes.

Para santri kemudian terbagi dalam beberapa kelompok membawa kantung sampah. Setiap melihat ada sampah sekecil apapun di jalan mereka pungut dan masukkan dalam kantong tersebut.

Pihaknya juga sudah menghubungi BLH Sragen terkait pengelolaan sampah yang baik.

”BLH juga sudah pernah kemari, kami juga ingin belajar untuk memanfaatkan sampah menjadi kompos,” jelasnya.

Salah satu santriwati asal Kendal, Aisyah Sabita (13), mengaku sering mendapat nasihat untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

”Ustad dan ustadzah sering manyampaikan untuk jaga kebersihan, meskipun capek tapi asyik,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge