0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Kedatangan Presiden, PKL Manahan Diminta Benahi Shelter

Beberapa PKL Manahan tinggal di shelter mereka. Kendaraan pemilik shelter diparkir di area yang seharusnya menjadi hak pejalan kaki (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Dinas Pengelola Pasar meminta PKL Manahan membongkar bangunan tambahan di shelter mereka untuk mengembalikan kebersihan dan keindahan kawasan Manahan. Selain itu, Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat akan mengunjungi Stadion Manahan untuk membuka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

“Dulu Pak Jokowi waktu masih menjadi Walikota Solo sudah susah payah menata PKL Manahan jadi bersih dan rapi. Kalau besok beliau melihat kondisinya seperti sekarang ini kan kasihan,” kata Kepala DPP, Subagyo, Kamis (28/7).

Awalnya, shelter PKL Manahan didesain terbuka agar sirkulasi udara ke kawasan stadion tidak terganggu. Di depan shelter dibuatkan taman dengan area pejalan kaki di kanan kirinya. Area memasak berada di bagian belakang sehlter. Bagian depan untuk tempat duduk pembeli. Pemkot juga telah membuatkan spanduk yang seragam untuk semua PKL.

Namun pada perkembangannya, semua PKL memperpanjang atap hingga ’memakan’ pejalan kaki sampai batas taman. Gerobak yang tadinya diletakkan di bagian belakang kini berpindah ke depan menempel taman. Masing-masing membuat spanduk sendiri, beberapa memasangnya di taman sehingga merusak tanaman. Bahkan ada PKL yang tinggal di shelter dan membuat tembok semi permanen dari triplek.

“Ada yang sampai membawa tempat tidur, menjemur pakaian di sana. Pokoknya besok semua harus bersih. Termasuk semua spanduk yang di taman dan di trotoar,” tegasnya.

Meski demikian, Subagyo memberi toleransi kepada para PKL. Mereka boleh menambah atap sampai batas taman dengan syarat tetap mempehatikan kerapian. Atap terpal atau MMT harus dibongkar karena terkesan kumuh.

“Kita juga punya pengertian. Sekarang kan jumlah pelanggan mereka sudah lebih banyak. Jadi perlu tempat duduk tambahan,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge