0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jadwal Eksekusi Masih Menunggu Kesiapan di Lapangan

merdeka.com
Dermaga Wijayapura (merdeka.com)

Timlo.net – Kepastian pelaksanaan eksekusi mati terhadap 14 terpidana narkoba masih simpang siur. Dikabarkan, eksekusi bakal dilakukan Jumat (29/7) dinihari ini. Jaksa Agung HM Prasetyo sendiri enggan mengungkap apakah kabar tersebut benar atau tidak.

“Saya masih menunggu laporan akhir dari evaluasi di lapangan,” kata Prasetyo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/7).

Prasetyo juga enggan mengamini soal kabar yang menyebut juru tembak telah berada di lokasi eksekusi hukuman mati di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

“Justru itu, kita tunggu laporan akhir dari sana,” katanya.

Politikus Partai NasDem tersebut enggan merinci laporan akhir yang dia sebut terkait eksekusi mati tersebut. Dia hanya menyatakan membutuhkan laporan akhir apabila ada kendala yang ditemukan untuk mengeksekusi terpidana kasus narkoba yang disebut-sebut berjumlah 14 orang itu.

Sampai saat ini, dia mengaku belum mendapatkan laporan terakhir.

“Ya kita justru tunggu, mungkin ada kendala, ataupun ada apa-apa. Kalau sudah saya terima baru saya sampaikan,” katanya.

Tanda-tanda eksekusi mati bakal dilakukan memang sudah terlihat. Sebanyak 23 mobil yang 17 di antaranya merupakan mobil Dinas Polsek di lingkungan Polres Cilacap disiapkan di Pulau Nusakambangan. Mobil itu dikabarkan digunakan untuk mobilisasi saat pejabat berkunjung ke Pulau Nusakambangan.

Kemudian, delapan unit mobil ambulans yang membawa peti jenazah sudah dibawa menuju Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan pukul 06.00 WIB. Selain itu, dua lokasi pemakaman pun telah disiapkan untuk jenazah para narapidana.

Tak hanya itu, aktivitas di Dermaga Wijayapura Cilacap sepanjang mulai terjadi peningkatan. Puluhan petugas pengamanan dari unsur TNI dan Polri terlihat berjaga di sekitar Dermaga Penyeberangan Wijayapura.

Berikut 14 nama yang disebut-sebut bakal dieksekusi:

1. Ozias Sibanda (Zimbabwe)
2. Obina Nwajagu bin Emeuwa (NIGERIA )
3. Fredderikk Luttar (Zimbabwe)
4. Humprey Ejike alias doctor(WN Nigeria)
5. Seck Osmane (Nigeria tetapi paspor Senegal)
6. Fredi Budiman bin H Manan alias Budi ( Indonesia )
7. Agus Hadi bin hadi (Indonesia )
8. Pujo lestari bin Sukatno (Indonesia)
9. Zulfiqar Ali (Pakistan)
10. Gurdip singh (India)
11. Merri Utami (Indonesia)
12. Michael Titus Igweh (Nigeria)
13. Okonkwo Nongso Kingsley (Nigeria)
14. Eugene Ape (Nigeria).

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge