0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Klaten Punya Keluhan? Bupati: Matur Ibu

Screenshoot website Matur Ibu (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Bupati Klaten Sri Hartini membuka situs pengaduan secara online melalui alamat website http://maturibu.klatenkab.go.id/. Layanan pengaduan dengan nama ‘Matur Ibu’ itu secara resmi diluncurkan selesai upacara Hari Jadi Klaten Ke-212, Kamis (28/7), di Alun-alun setempat.

“Layanan pengaduan ini untuk menerima keluhan, aspirasi dari masyarakat. Harapannya pelayanan publik di Klaten menjadi semakin baik. Kalau SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) ada apa-apa, matur ibu,” ujar Sri Hartini.

Terpisah, Asisten Administrasi Setda Klaten Sri Winoto menerangkan, layanan pengaduan Matur Ibu mengadopsi sistem ‘Lapor Gub’ milik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sudah diluncurkan sejak 2014 lalu. Selain website, masyarakat dapat melaporkannya melalui email dan akun Twitter yang dikelola Humas Pemkab Klaten.

Ditambahkan, layanan Matur Ibu terhubung dalam aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N‎) atau LAPOR! yang dikelola oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Selain itu juga terhubung dengan Kantor Staf Presiden.

“Ini termasuk program nasional agar masyarakat bisa dengan cepat memberikan pengaduan bila menemukan layanan publik yang kurang baik. Untuk respon tanggapan pengaduan nantinya diusahakan 1 x 24 jam ke SKPD terkait. Tapi kalau penyelesainnya seperti jalan rusak, ya tentu butuh waktu,” tambah Winoto.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge