0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KA Batara Kresna Rusak, Prameks Jadi Gantinya

KA Prameks gantikan KA Batara Kresna (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Kereta api komuter Batara Kresna jurusan Solo – Wonogiri beberapa hari terakhir ini rusak. Rangkaian kereta Prambanan Ekspres (Prameks) yang sedianya melayani jurusan Yogya – Solo pun terpaksa menggantikan Batara Kresna. Pemerintah Kota Solo mendesak agar kereta pendamping Batara Kresna segera direalisasikan.

“Kita perlu kereta tambahan untuk antisipasi kalau mogok seperti sekarang ini,” kata Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Sudrajat, Rabu (27/7).

Dishubkominfo sebenarnya sudah meminta kereta tambahan ke Palembang melalui Presiden Joko Widoso sejak beberapa waktu lalu. Presiden juga telah menyetujui permohonan tersebut. Namun sampai saat ini belum terealisasi karena kendala administrasi dan transportasi. Untuk memindahkan rangkaian kereta dari Palembang ke Solo memang membutuhkan biaya besar karena harus melintasi laut.

“Belum tahu kapan bisa dikirim ke sini,” kata dia.

Menurutnya, kereta Batara Kresna jurusan Solo – Wonogiri harus terus beroperasi karena sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Penggunanya sudah cukup banyak. Terutama para komuter dan wisatawan.

Hal itu dibenarkan Humas PT KAI Daop VI, Eko Budiyanto. Jurusan Solo-Wonogiri merupakan jalur perintis. Setiap hari harus ada kereta yang beroperasi agar minat publik menggunakan kereta itu terus meningkat. Ia sendiri tidak mempermasalahkan penggunaan KA Prambanan Ekspres (Prameks) sebagai pengganti Batara Kresna.

“Batara Kresna memang membutuhkan perawatan berkala minimal tiga bulan sekali. Ini sudah tiga hari diperbaiki. Belum tahu sampai kapan selesainya,” kata dia.

Berdasarkan pengamatan Timlo.net, bukan kali ini saja setidaknya sudah tiga kali dalam dua bulan terakhir, railbus berwarna merah itu tidak tampak menyusuri Jalan Slamet Riyadi. Sebagai gantinya, KA Prameks dengan warna kuningnya yang khas itu yang beroperasi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge