0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspadai Inflasi, TPID Gelar Sidak

foto: Setyo
Bandoe Widiarto (foto: Setyo)

Solo – Tim Pengendali Inflasi daerah (TPID) Solo mewaspadai tingginya harga berbagai komoditas kebutuhan pokok dipasaran akan pengaruhi inflasi. Untuk menyikapi kondisi itu, program 5K yang sudah dicanangkan sebelumnya akan kembali dievaluasi.

“Kalau kita amati sekarang, beberapa komoditas yang berpotensi menaikan inflasi adalah cabai, bawang merah dan gula. Oleh karena itu, kita sedang berkoordinasi dengan pemkot untuk secepatnya melakukan sidak,” ujar Wakil ketua TPID Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Rabu (27/7).

Dikatakannya, tingginya harga bawang merah yang terjadi pada beberapa waktu yang lalu karena pasokan yang ada tidak sebanding dengan permintaan. Dan stok di Brebes yang selama ini digunakan untuk memberikan pasokan barang ternyata juga terbatas.

“Kedepan upaya evaluasi terus kita lakukan. Karena kita sudah membuat program 5 K untuk menekan angka inflasi, yaitu menjamin ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi barang, keterjangkauan harga, koordinasi, dan komunikasi kebijakan,” jelasnya.

Sementara itu untuk harga cabai. Seperti diberitakan sebelumnya, jenis cabai rawit merah dari sebelumnya Rp 27 Ribu per kilogram. Sekarang melonjak tinggi hingga mencapai Rp 52 Ribu per kilogram. Cabai merah besar yang sebelumnya Rp15 Ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp20 Ribu per kilogram. Sedangkan cabai keriting merah sebelumnya Rp20 Ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp25 Ribu per kilogram.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge