0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Zulkifli Hasan : Pendidikan Kunci Atasi Kemiskinan

timlo.net/nanang rahadian
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar —  Pendidikan menjadi kunci pokok dalam mengatasi masalah kemiskinan. Orang tua harus mengupayakan anak-anaknya agar mendapat pendidikan yang cukup, sehingga kehidupan sulit yang dialami bisa berubah.

“Namun itu harus diatasi. Semua harus sama-sama bekerja keras. Apalagi saat ini siapa saja terbuka untuk menjadi apa. Anak petani bisa menjadi ketua MPR. Anak pemulung mau menjadi anggota DPR, bisa. Pengusaha kecil mau menjadi bupati, bisa,” kata Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Sabtu (23/7).

Hal itu bisa diraih, dengan menekankan pentingnya pendidikan.

“Didik anak, meskipun kondisinya susah, untuk wajib bersekolah. Karena kalau miskin tapi tidak berpendidikan, akan kawin dengan orang miskin, punya anak miskin juga, tidak akan habis-habis,” tuturnya.

Pendidikan, bisa menjadi sarana untuk mengubah nasib. Dengan pendidikan, anak-anak bisa meraih cita-cita dan hal itu bisa membantu mengubah kondisi ekonomi keluarganya.

“Cara memutus rantai kemiskinan, ya dengan sekolah. Saya dulu kalau tidak disekolahkan ibu saya, di Lampung mungkin jadi tukang begal,” katanya berkelakar.

Zulkifli mengungkapkan, kesenjangan ekonomi yang terjadi saat ini masih sangat jauh antara masyarakat kaya dan miskin. Bahkan dalam sebuah survei disebutkan, satu persen orang kaya di Indonesia menguasai 50 persen equity.

“Tugas pemerintah untuk membuat kebijakan pro rakyat, agar kesenjangan itu tidak makin lebar. Kalau kesenjangan semakin lebar dan dibiarkan, akan mengancam keutuhan berbangsa dan bernegara. Kebijakan yang membuat rakyat produktif, bisa mengatasi hal itu,” tuturnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge