0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Blanko e-KTP Habis Lagi

dok.timlo.net/redaksi
KTP Elektronik atau e-KTP (dok.timlo.net/redaksi)

Klaten – Para pemohon kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kabupaten Klaten harus gigit jari. Pasalnya, stok blanko keping e-KTP Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Klaten dalam keadaan kosong.

“Blankonya (e-KTP) hari ini habis. Sementara menunggu dulu distribusi blanko dari pusat,” kata Plt Kabid Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Klaten, Sri Hartanto, Rabu (27/7).

Kejadian kosongnya stok blanko e-KTP di Disdukcapil Klaten merupakan yang kedua kalinya dalam rentang waktu pasca libur Lebaran. Sebab, jumlah blangko diterima masing-masing kabupaten/kota dari pemerintah pusat tergantung data print ready record. Padahal hingga saat ini ada 3.000 orang yang sudah melakukan perekaman data, tetapi belum dicetak E-KTP-nya (print ready record).

“Kemarin kita mendapatkan 912 blangko keping E-KTP dan hari ini habis. Nanti kita laporkan kebutuhannya berapa, dicetak berapa, rusak berapa. Yang siap diprint yang kita mintakan ke pusat,” jelas Sri Hartanto.

Meski stok blanko e-KTP kosong, Disdukcapil tetap memberikan pelayanan bagi warga yang hendak mengurus dokumen kependudukan. Pihaknya juga mengeluarkan surat keterangan perekaman e KTP yang berlaku hingga pemohon menerima hasil pencetakan e KTP.

“Dalam surat keterangan itu ada tanda tangan dari Sekda Klaten yang menyatakan pemohon telah merekamkan data kependudukan dan masih dalam proses pencetakan. Surat keterangan ini bisa digunakan apabila untuk layanan mendesak seperti mencari SIM, urusan di Bank, BPJS dan lain sebagainya. Namun surat ini bukan sebagai identitas pengganti atau KTP sementara,” imbuh dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge