0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

471 Calhaj Karanganyar Siap Diberangkatkan

dok.timlo.net/nanang rahadian
Manasik haji Kabupaten Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar —  Sebanyak 471 calon jamaah haji (CJH) asal Karanganyar akan berangkat ke Tanah Suci tahun 2016 ini. Mereka terbagi dalam dua kelompok terbang (Kloter), yakni Kloter 20 dan Kloter 56.

“355 orang tergabung dalam Kloter 20 sedang sisanya di Kloter 56,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Karanganyar Sugeng Raharto, Selasa (26/7).

Sugeng menjelaskan, calon jamaah haji yang tergabung dalam Kloter 20 sebanyak 355 orang. Mereka akan diberangkatkan menuju Tanah Suci, Senin mendatang (15/8). Mereka sudah harus berada di Asrama Haji Donohudan, Boyolali pukul 21.00 WIB. Sedangkan calon jamaah haji yang tergabung dalam Kloter 56 sebanyak 116 orang. Mereka diberangkatkan Selasa (30/8) pukul 07.00 WIB.

”Ada dua calon jamaah yang dipindahkan gabung ke kloter Semarang,” kata Sugeng.

Calon Jamaah Haji (Calhaj), lanjut Sugeng, diminta mempersiapkan diri sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci. Menurut informasi, saat Calhaj menjalankan ibadah haji Tanah Suci bertepatan dengan musim panas. Suhu saat siang hari diperkirakan mencapai 52 derajat Celcius. Sebaliknya, saat malam hari bisa sangat dingin.

”Untuk itu, setiap calon haji harus mermpersiapkan diri sebaik-baiknya. Obat-obat pribadi harus dibawa,” katanya.

Saat ini, Calhaj masih menjalani rangkaian manasik haji. Mulai dari latihan menaiki pesawat terbang yang rencananya digelar di wahana pesawat Edupark Rabu ini (27/7). Kemudian dilanjutkan latihan miqot, tawaf, sai, wukuf arofah, dan minna yang akan digelar di Masjid Agung Karnganyar. Sebelumnya, mereka sudah manasik haji yang digelar Kementerian Agama Karanganyar 19 Juni 25 Juli lalu.

”Jadi persiapan sudah jauh hari di tingkat kecamatan,” katanya.

Pemkab Karanganyar juga memberangkatkan tiga pendamping. Masing-masing Sriyanto dari Kantor Kemenag, Siti Sofiah dari Dinas Peternakan Dan Perikanan, dan Anung Marwoko dari DPRD Karanganyar.

”Pelepasan di Pendopo Rumah Dinas Bupati 9 Agustus,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge