0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

HUT Klaten ke 212, Festival Angkringan Ditiadakan

Ilustrasi angkringan (dok.timlo.net/gg)

Klaten — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten akan kembali menggelar Klaten Lurik Carnival. Pawai budaya tersebut merupakan satu dari puluhan rangkaian kegiatan untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Klaten ke 212 sekaligus HUT RI ke 71.

“Klaten Lurik Carnival ini yang kedua kali. Kalau dulu pendanaannya dari APBD, sekarang dibantu pemerintah pusat melalui Disbudparpora,” kata Ketua Panitia Peringatan HUT Klaten ke 212, Bambang Sigit Sinugroho, Rabu (27/7).

Dalam jumpa pers di Ruang B1 Setda Klaten, kata Sigit, Klaten Lurik Carnival bakal digelar pada 18 Agustus mendatang. Adapun rutenya melintasi sepanjang jalan protokol. Sedangkan tajuk peringatan HUT tahun ini adalah Berkerja Bersama Menuju Kabupaten Klaten yang Maju Mandiri dan Berdaya Saing.

Sedangkan kegiatan HUT Klaten akan dimulai Kamis (28/7) besok dengan upacara di Alun-alun serta di masing-masing kantor kecamatan mengenakan pakaian kejawen jangkep. Setelah itu dilanjutkan ziarah ke makam para leluhur dan tiga mantan Bupati Klaten yakni Praktikno dan Sumanto di Taman Makam Pahlawan, dan makam Haryanto di Teloyo, Wonosari.

“Setelah itu ziarah ke makam Kiai Mlati, dilanjutkan ke Bupati 1 Klaten di Kajoran. Sedangkan puncak Hari Jadi Klaten akan ditutup pentas wayang kulit oleh dalang Warseno Slank,” tambah Bambang Sigit.

Ditanya soal pendanaan, Sigit mengatakan, alokasi anggaran berasal dari masing-masing SKPD. Namun demikian, sesuai APBD 2016 yang lebih sedikit dibandingkan 2015, beberapa kegiatan terpaksa ditiadakan.

“Salah satunya yang tidak diagendakan Festival Angkringan yang tujuannya jadi branding Klaten. Karena APBD kita kan tahun ini turunnya drastis,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge