0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Reshuffle Kabinet, Tunggu Pengumuman Jokowi Siang Ini

dok.merdeka.com
Presiden Jokowi (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil sejumlah menteri ke Istana secara maraton. Kabar reshuffle kabinet jilid II semakin kuat dan menjadi topik panas yang paling dinanti publik.

Berdasarkan informasi yang dihimpun merdeka.com, pengumuman reshuffle kabinet akan dilaksanakan pada hari ini, Rabu (27/7). Pengumuman akan disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara.

“Pengumuman reshuffle jika enggak berubah jam 15.00 WIB,” kata sumber di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/7).

Presiden masih kembali memanggil sejumlah menteri ke Istana pada Rabu pagi. Sebab, masih ada beberapa persoalan yang harus dibahas dan diselesaikan.

“Agenda yang beredar di grup istana bahwa jam 10 pagi ada pengenalan menteri baru tidak benar, agenda jam 11 soal pelantikan juga enggak benar, enggak ada agenda seperti itu besok,” jelasnya.

Reshuffle kabinet ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja pemerintahan. Selain itu, perombakan kabinet setelah Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar menyatakan dukungannya terhadap pemerintahan Presiden Jokowi.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo malam ini memanggil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi ke Istana Negara, Jakarta. Selain memanggil Menteri Yuddy, Jokowi juga memanggil Menteri Perdagangan Thomas Lembong.

Ternyata Presiden Jokowi juga memanggil tiga menteri lain ke Istana. Mereka yang dipanggil Jokowi yaitu Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil. Selanjutnya Menko Polhukam Luhut Panjaitan juga dipanggil Jokowi.

Pekan kemarin, Presiden Jokowi juga telah memanggil lima menteri. Mereka di antaranta Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Selanjutnya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohanna Yembise dan Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gde Ngurah Puspayoga. Presiden juga telah memanggil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN Pusat Ferry Mursyidan Baldan.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan reshuffle Kabinet Kerja Jilid II. Dengan artian, reshuffle jilid II ini akan berbeda dengan reshuffle jilid I, yang mana saat itu Presiden langsung melantiknya tanpa mengumumkan terlebih dahulu ke publik.

“Nanti akan diumumkan, akan ada pengumuman, nantinya lah kalau sudah dipastikan pasti akan diumumkan,” kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (26/7). [sho]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge