0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mobil TPS Solo Belum Optimal, Ini Kata Walikota

dok.timlo.net/gg
Mobil pengangku sampah (dok.timlo.net/gg)

Solo — Pemerintah Kota Solo mengakui Mobil Tempat Pembuangan Sampah (TPS) belum beropasi optimal. Pengelolaan sampah rumah tangga masih banyak melibatkan gerobak sampah. Padahal keberadaan mobil TPS diharapkan dapat menggantikan gerobak.

“Nanti akan kita optimalkan lagi. Pada prakteknya masih banyak yang belum sesuai prosedur,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Selasa (26/7).

Idealnya, mobil TPS langsung berkeliling mengambil sampah dari rumah ke rumah. Namun kenyataan di beberapa kelurahan, sampah masih dipungut gerobak sampah. Selanjutnya di suatu tempat, biasanya bekas TPS, sampah dipindahkan dari gerobak ke mobil TPS untuk dibuang langsung ke TPA Putri Cempo.

“Seharusnya yang keliling itu mobil TPS. Namanya mobile itu ya keliling bukan magrok,” tegas Rudy.

Ia juga meminta warga turut berpartisipasi mengelola sampah kota. Setidaknya, warga diminta memisahkan sampah organik dan anorganik. Sampah nonorganik yang bisa didaur ulang bisa diserahkan ke bank sampah yang ada di tiap kelurahan. sedangkan sampah maupun anorganik yang tidak bisa didaur ulang akan dibuang ke TPA Putri Cempo.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Solo, Hasta Gunawan membenarkan, saat ini operasional mobil TPS belum maksimal. Di satu sisi, petugas sering tidak menjalankan prosedur yang benar. Namun di sisi lain, gerobak sampah masih dibutuhkan di daerah-daerah dengan gang-gang sempit yang tidak bisa diakses mobil.

“Ini terus kita evaluasi. Transit (pemindahan sampah dari gerobak ke mobil TPS) terus kita kurangi sedikit-sedikit,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge