0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bersikap Kooperatif, Keterangan Umi Delima Sangat Bermanfaat

Umi Delima, istri Santoso (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Jumiatun Muslimayatun alias Umi Delima istri dari pentolan kelompok teroris Mujahiddin Indonesia Timur (MIT) Santoso bersikap kooperatif. Dalam pemeriksaan, Delima kerap memberi keterangan yang bermanfaat untuk pengembangan.

“Keterangannya sangat bermanfaat untuk proses pengembangan demikian lagi dalam konteks formal dan pemeriksaan BAP secara bertahap akan dilaksanakan pemeriksaan oleh penyidik kita yang tergabung dalam operasi satgas Tinombala,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (26/7).

Boy menambahkan, kondisi Delima saat ini sudah mulai membaik. Bahkan, diakui Boy, istri kedua Santoso itu sudah bisa diwawancara penyidik.

“Dalam konteks keterangan sifatnya wawancara itu bisa, tetapi dalam bentuk formal menunggu kondisi lebih baik lagi,” jelas dia.

Pada kesempatan itu, Boy juga menyinggung 18 orang yang masih dalam daftar pencarian orang (DPO). Dia menegaskan, 18 orang itu bisa disangkakan turut atau memberi bantuan dalam persembunyian Santoso.

“Karena di dalam UU terorisme kita UU No 15 tahun 2003 kepada barang siapa yang memberikan perbantuan mengetahui tetapi tidak berikan informasi kepada petugas berwajib itu dapat dipersangkakan apalagi berikan bentuk tindakan fisik suport tindakan fisik secara bersama-sama tentu nanti penyidik akan secara propersional penerapan pasal kepada yang bersangkutan,” tandas Boy.

[sho]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge