0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ibu Hamil Berisiko Tinggi Diberikan Gelang Khusus

timlo.net/putra kurniawan
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (timlo.net/putra kurniawan)

Solo Baru – Ibu hamil yang masuk kategori berisiko tinggi akan diberikan tanda khusus menggunakan gelang. Wacana ini disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam acara Launching Program Layanan Informasi Kesehatan di Solo Baru, Selasa (26/7).

“Kalau kondisi ibu itu berada pada risiko tinggi, kita mau kasih gelang dan tidak boleh lepas. Agar publik mengetahui bahwa ibu itu sedang hamil dan berisiko, maka orang akan hati-hati dan kita ajak orang lain untuk membantu dan semua orang terdekatnya juga harus tahu,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Selasa (26/7).

Sehingga pada saat-saat gawat darurat suami, keluarga terdekat hingga bidan yang biasa merawatnya bisa memberikan bantuan. Dan bahkan orang lain bisa memberikan pertolongan jika terjadi kondisi kritis pada saat ibu hamil dengan resiko tinggi ini berada jauh dari orang keluarganya.

Namun demikian, bentuknya seperti apa gelang tersebut masih belum bisa disampaikan, karena hal ini baru dilontarkan gubernur dan masih akan dilakukan pembahasan lebih lanjut. Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo sendiri juga masih menunggu petunjuk resminya, namun kemungkinan akan diserahkan kepada Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

“Tadi mau diserahkan pengelolaannya kepada PKK, kita belum tahu akan menggunakan sistem apa kita akan tunggu juklak nya. Tapi yang jelas nanti akan diserahkan kepada PKK mulai dari yang bersangkutan belum hamil,” tandas Kepala DKK Sukoharjo, Guntur Subiyantoro.

Editor : Ari Kristyono

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge