0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Data Pelayanan Kesehatan di Jateng Bisa Diakses Publik

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (timlo.net/putra kurniawan)

Solo Baru — Pemprov Jateng meluncurkan program sistem layanan informasi kesehatan berbasis internet yang secara resmi dibuka oleh Gubernur Ganjar Pranowo. Aplikasi ini resmi dibuka untuk umum sehingga seluruh masyarakat bisa mengakses informasi pelayanan kesehatan hingga ke tingkat puskesmas.

“Sistem informasi ini akan merangkum apa yang menjadi program nasional dan program daerah dalam satu tampilan. Seluruh aplikasi ini kita harapkan bisa diakses oleh publik, sehingga kita bisa memantau dan kalau terjadi sesuatu bisa interfensi dengan cepat,” kata Gubernur Ganjar Pranowo, Selasa (26/7).

Melalui layanan informasi kesehatan ini masyarakat bisa mengatahui data yang sebenarnya tentang seluruh pelayanan kesehatan. Seperti berapa jumlah ibu hamil yang beresiko tinggi, berapa jumlah penderita HIV/AIDS, hingga berapa jumlah tempat tidur yang masih kosong di setiap rumah sakit.

Program ini merupakan rangkuman dari program nasional yang berjumlah lima aplikasi dan tujuh aplikasi program Dinkes Pemprov Jateng. Dari 12 aplikasi dalam Likes Provinsi Jateng ini ada satu aplikasi yang diberi nama “Nginceng Wong Meteng” sebagai program untuk menyelamatkan ibu hamil dan anak yang dikandungnya.

“Harapan kita hanya satu saja, ini adalah alat untuk menjangkau dan memastikan masyarakat Jawa Tengah sehat dan mendapat pelayanan yang terbaik,” tandasnya.

Acara Launching Sistem Layanan Informasi Kesehatan (Likes) ini digelar di Hotel Best Western Solo Baru selama dua hari Senin dan Selasa (25/7-26/7). Dalam acara ini, dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas Kesehatan se Jateng, Dinas Pendidikan dan direktur rumah sakit.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge