0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peringati HAN, Ini Pesan Bupati Yuni untuk Anak-Anak Sragen

Bupati Yuni dalam acara Resepsi Hari Anak Nasional (HAN) (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Seperti layaknya seorang ibu yang berpesan kepada anaknya, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati memberikan nasihat serta imbauan kepada seluruh anak di Bumi Sukowati untuk memperhatikan tiga hal, yaitu handphone (HP), pergaulan bebas dan Narkoba. Pesan itu disampaikan saat memperingati Hari Anak Nasional (HAN) di Pendopo Sumanegaran Rumah Dinas Bupati Sragen.

“Anak-anak ada yang bawa HP? Coba siapa yang bawa, ibu pinjam apa isinya. Boleh pegang HP, tapi jangan digunakan untuk membuka hal yang aneh-aneh,” kata Yuni, Selasa (26/7).

Namun dari puluhan anak pelajar SD, SMP hingga SMU yang hadir saat itu tak ada yang mengaku membawa HP. Walau Yuni menjanjikan kalau ada yang menyerahkan HP bakal diberikan hadiah.

Menyinggung soal perilaku seks, Yuni juga menanyakan apa ada di antara pelajar SD yang pernah mengalami perlakuan aneh dari gurunya. Dengan bahasa yang mudah dipahami, Bupati mengingatkan agar anak-anak tidak memperbolehkan alat vitalnya dipegang oleh orang lain.

“Ada bagian tubuh kita yang tidak boleh disentuh oleh siapa pun, termasuk Pak guru. Bagian tubuh itu adalah alat vital kita,” jelasnya.

Sedangkan untuk pelajar SMU, Yuni berpesan untuk menghindari pergaulan bebas. Dia sangat prihatin terhadap anak yang terpaksa putus sekolah lantaran melakukan pernikahan dini.

Yuni juga berpesan agar anak di Sragen menjauhi Narkoba. Banyak kejadian sekarang ini, Narkoba mulai merasuki anak usia SD. Penjualnya pun juga pandai dengan mengubah Narkoba dalam bentuk permen sehingga sangat disukai anak-anak.

“Jadi anak-anak kalau diiming-imingi dan dikasih permen yang katanya enak oleh orang yang belum dikenal jangan mau ya,” harapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge