0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lukisan Istana Akan Dipamerkan, Dibuka untuk Umum

merdeka.com
Suasana saat jumpa pers (merdeka.com)

Timlo.net – Istana Kepresidenan akan menggelar pameran karya seni bertajuk ’17/71 Goresan Juang Kemerdekaan Pameran Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan Republik Indonesia’. Event ini akan dihelat Galeri Nasional Indonesia sepanjang bulan Agustus.

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno menjelaskan, koleksi yang akan dipamerkan terdiri atas 28 lukisan terpilih hasil karya dari 21 pelukis. 28 lukisan tersebut dipajang di Istana Kepresidenan Jakarta, Istana Kepresidenan Bogor, Istana Cipanas dan Istana Yogyakarta. Selain lukisan akan dipamerkan pula 100 foto Kepresidenan dan buku tentang koleksi lukisan Istana Kepresidenan.

“Pameran ini juga wujud dari konsep Istana adalah milik rakyat untuk memberi kesempatan pada masyarakat luas menikmati,” kata Pratikno, Senin (25/7).

Pratikno menambahkan pameran tersebut merupakan ide langsung dari Presiden Joko Widodo dengan tujuan masyarakat luas dapat mengetahui karya seni yang menghiasi setiap karya seni yang berada di Istana Kepresidenan.

“Bapak Presiden menyampaikan ide adanya sosialisasi koleksi seni rupa Istana Kepresidenan secara terbuka dengan pihak Istana sebagai inisiator,” ujarnya.

Lukisan yang akan dipamerkan merupakan karya dari Raden Saleh, Affandi, S. Sudjojono, Basoeki Abdullah, dan Dullah yang merupakan pelukis Istana pada era Presiden Soekarno. Ada pula karya pelukis asing seperti Rudolf Bonnet dan Diego Rivera.

Sementara, Mikke Susanto dan Rizki A. Zaelani didaulat menjadi kurator pameran yang merupakan bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 ini.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge