0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Yuni: Adipura Awal dari Tanggung Jawab yang Lebih Besar

Kirab Adipura Buana di Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Penghargaan Adipura Buana yang diperoleh Kabupaten Sragen belum lama ini dikirab oleh ratusan orang dari Pendopo Sumanegaran Rumah Dinas Bupati menuju Alun-alun Sasono Langen Putro. Perolehan Adipura ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak, Mulai Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sragen,  petugas kebersihan, SKPD dan pemerintah kecamatan hingga desa.

“Keberhasilan memperolah Adipura ini merupakan awal dari tanggungjawab yang lebih besar untuk meningkatkan lagi pengelolaan sampah sehingga tercipta lingkungan yang lebih bersih,” kata Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Senin (25/7).

Iring-iringan kirab berjumlah ratusan orang, terdiri dari BLH, pasukan orange atau tukang sapu, Paguyuban Lingkungan Asri, Pramuka dan Duta Wisata yang membawa Adipura Buana. Penyerahan Adipura Buana dilaksanakan di alun-alun melalui apel besar.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Adipura pada tahun 2016 ini dibagi menjadi lima kategori yaitu Buana, Kirana, Karya, Bakti serta Paripurna. Kabupaten Sragen pada tahun ini mendapatkan penghargaan Adipura Buana bersama dengan 26 kabupaten/kota lain di Indonesia.

Adipura Buana ini merupakan adipura yang diberikan kepada pemerintah daerah yang berhasil menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan sehingga dapat membentuk kota yang layak huni. Penghargaan ini diberikan kepada Pemda yang tidak hanya bersih, namun mampu merepresentasikan keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge