0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Efek Brexit, Ekonomi Dunia Melambat

merdeka.com
iustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Perkembangan ekonomi global dinilai akan semakin melambat. Terutama setelah keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit).

Salah satunya, Dana Moneter Internasional (IMF) yang menurunkan proyeksi pertumbuhan global menjadi 3,1 persen di tahun ini.

“Memang Brexit ini berpotensi menurunkan pertumbuhan ekonomi global. Kemungkinan tahun ini hanya 3,1 persen, tahun depan kami perkiraan turun lagi, perkirakan 3,4-3,2 persen,” kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI), Juda Agung di Jakarta, Senin (25/7).

Menurutnya, salah satu dampaknya adalah adanya ketidakpastian global akibat pengaruh langsung maupun tidak langsung dari jalur perdagangan dan finansial. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi negara-negara maju diperkirakan menjadi lebih rendah.

Seperti Kerajaan Inggris atau United Kingdom (UK) yang menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonominya dari 1,9 persen menjadi 1,3 persen, Uni Eropa dari 1,5 persen menjadi 1,2 persen, China dari 6,5 persen menjadi 6,4 persen, dan India dari 7,5 persen menjadi 7,4 persen.

“Dari Amerika Serikat, dampak Brexit terhadap Fed Fund Rate cukup signifikan. Jadi dia juga khawatir kalau menaikkan suku bunga. Karena apresiasi Dolar tentu pengaruh ke sektor manufaktur di Amerika,” imbuhnya.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge