0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPR Minta Solusi Jika Dokter Tak Mau Jadi Eksekutor Kebiri

Ade Komaruddin (merdeka.com)

Timlo.net – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menolak menjadi eksekutor yang akan mengebiri para pelaku tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak-anak, harus disertai dengan alternatif lain sebagai solusi jalan tengahnya. Ketua DPR RI Ade Komarudin (Akom) berharap ada solusi berupa jalan tengah bagi pihak-pihak yang tidak setuju atas sebuah undang-undang, sangat biasa dilakukan untuk meraih win-win solution bagi semua pihak.

“Kalau tidak berkenan ini bagaimana? Secara jalan keluarnya seharusnya (melalui) Kementerian Kesehatan,” ujar Akom, Senin (25/7).

“Saya kira alternatif tentang hal itu biasa dalam hal pengambilan keputusan undang-undang. Jalan tengah kita ambil supaya kita dapat mengakomodir semua pemangku kepentingan yang ada,” katanya menambahkan.

Dengan adanya usul dari beberapa pihak bahwa eksekutor kebiri cukup dilakukan oleh dokter dari kepolisian saja, Akom mengatakan, masih perlu pembicaraan lebih lanjut terkait hal tersebut.

Sebab, lanjut Akom, dirinya mengaku belum mengetahui apakah dokter dari kepolisian itu juga terikat dengan organisasi IDI tersebut.

“Kalau dokter dari Polisi saya tidak tahu, apakah ada dokter ikatan (IDI) atau tidak, atau sesuai dengan institusi-institusi yang lain di kedokteran yang diakui semacam ini. Saya belum dengar itu,” jelas dia.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge