0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dikaji, Pembentukan Super Holding yang Membawahi BUMN

dok.merdeka.com
Menteri BUMN Rini Soemarno (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Rencana pembentukan super holding untuk perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah dikaji. membuat super holding yang membawahi seluruh holding BUMN. Nantinya pembentukan super holding ini akan meniadakan Kementerian BUMN.

Seluruh tugas dan fungsi kementerian akan diambil alih oleh institusi baru tersebut di mana seluruh pengelolaannya dilakukan oleh kalangan profesional. Bukan lagi PNS di bawah kementerian.

“Perlu ada lembaga pengelolaan BUMN yang bisa bertindak secara cepat, efisien, efektif dan selaras dengan sistem korporasi,” kata Menteri BUMN, Rini Soemarno di Jakarta, Senin (25/7).

Arah pembentukan holding tersebut, jelas Menteri Rini, hampir menyerupai dengan super holding milik Malaysia, Khazanah atau di Singapura dengan Temasek-nya. Rencana ini, menurutnya, akan membawa pertumbuhan kinerja signifikan pada perusahaan BUMN Indonesia.

“Dapat berpikir terbuka dan luas. Dan kita melihat juga bagaimana sebetulnya perusahaan negara (BUMN) di negara-negara lain,” jelas dia.

Diungkapkan Menteri Rini, sebelum merealisasikan super holding tersebut, dirinya kini berfokus merampungkan pembentukan 5 holding BUMN yang sudah direncanakan, yakni keuangan, infrastruktur, pertambangan, energi dan perumahaan.

“Kami mengusulkan bahwa dalam pembinaan, pengawasan dan pengelolaan BUMN tidak bentuk kementerian tapi berbentuk super holding,” ungkapnya.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge