0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siswa SDIT Dikenalkan dengan Nilai-Nilai Tradisional

dok.timlo.net/tyo eka
Milad SDIT Nur Hidayah Solo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Di hari jadi atau milad ke 17, SD Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Solo memperkenalkan nilai-nilai tradisional kepada siswa-siswinya. Pada puncak kegiatan yang digelar di Taman Balekambang, siswa dan guru diwajibkan mengenakan pakaian tradisional dan batik. Para siswa juga diajak untuk menyanyikan tembang-tembang dolanan untuk mengisi kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini merupakan kerja bareng Komite Sekolah dan ISI Surakarta. Kegiatan kali ini mengangkat konsep di alam terbuka dan mengenalkan nilai-nilai tradisional pada siswa,” ujar Wakil Kepala Humas SDIT Nur Hidayah, Rahmat Hariyadi kepada wartawan, Senin (25/7).

Sementara itu terdengar sejumlah tembang dolanan seperti  Menthok-menthok, Ojo Rame-rame, Gundul-gundul Pacul, Suwe Ora Jamu, Ilir-ilir, dan Prahu Layar pun mengalun merdu dari para siswa selama kegiatan berlangsung.

‘’Tujuan kegiatan dengan memperdengarkan tembang, salah satunya untuk lebih mengenalkan tembang dolanan atau lagu daerah kepada para siswa dari siswa. Dengan cara mereka menyanyikan dan menarikan secara bersama-sama,” jelasnya.

Tak hanya tembang dan permainan tradisional, siswa juga dikenalkan dengan makanan tradisional berupa polo kapendhem yang dihadirkan sebagai sajian. Banyak di antara mereka yang tak mengetahui nama berbagai umbi-umbian tersebut dan enggan mencobanya lantaran belum pernah memakannya.

Kegiatan ditutup dengan pementasan wayang kulit lakon “Sowan Eyang Abiyoso”. Pementasan wayang kulit tersebut digelar selama kurang lebih dua jam dan menggunakan bahasa Indonesia agar siswa juga memahami pesan moral yang disampaikan dalam pegelaran itu.

“Pementasan wayang maupun tembang Jawa dulunya dijadikan wahana syiar nilai agama, maupun mengajarkan budi pekerti. Ini yang ingin kami sampaikan pada siswa,’’ ujar Rahmat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge