0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peranan Umi Delima dalam Pelarian Santoso Masih Diselidiki

dok.merdeka.com
Umi Delima, istri Santoso (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Jumiatun alias Umi Delima menyerahkan diri begitu dikepung Tim Alfa 17 Yonif 303 Kostrad di sekitar Desa Tamanjeka, Kecamatan Poso Pesisir, Sabtu (23/7). Istri dari pimpinan kelompok bersenjata Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Abu Wardah alias Santoso ini bergabung dengan MIT kabur ke hutan sejak tahun lalu.

“Tersangka JU alias UD ini merupakan salah satu dari 19 DPO yang tinggal. Jadi sekarang sisa 18 DPO lagi setelah JU alias UD ini tertangkap. Dia sendiri baru setahun ini bergabung sebelum Lebaran tahun 2015,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul di gedung Divisi Humas Mabes Polri, Minggu (24/7).

Martinus mengatakan, nantinya kepolisian masih menyelidiki peran serta keterlibatan Umi Delima dalam pelarian atau kelompok Santoso. Salah satunya menyelidiki terkait 18 kelompok Santoso yang kabur dan masih diburu Satgas Tinombala.

“Pemeriksaan-pemeriksaan itu di antaranya untuk mengetahui peran serta keterlibatan yang bersangkutan di dalam pelarian atau di dalam pergerakan almarhum Santoso selama ini, dan apa perannya dalam pada saat kontak senjata pada tanggal 18 Juli sebelumnya di mana yang bersangkutan melarikan diri bersama dua orang lainnya. Yaitu dua orang perempuan dan satu orang lelaki. Di antaranya dia ikut,” kata Martinus.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menjelaskan, saat ini Umi Delima masih menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakti Bhayangkara, Palu, Sulawesi Tengah. Setelah kondisinya terlihat membaik barulah dilakukan pemeriksaan.

“Kemudian mau diketahui kemana saja mereka bergerak yang dua orang lagi. Tentu ini yang masih didalamin,” kata Martinus.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge