0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terbangkan Layang-Layang, Ratusan Anak Suarakan Bahaya Tembakau

Festival Layang-Layang di Desa Kadilajo, Kecamatan Karangnongko, Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Komunitas Guyub Bocah Jateng – DIY bekerjasama dengan Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) Indonesia menggelar Festival Layang-Layang di Desa Kadilajo, Kecamatan Karangnongko, Klaten, Minggu (24/7). Selain memperingati Hari Anak Nasional, festival tersebut sebagai kampanye bahaya merokok.

“Kegiatan ini difokuskan pada hak-hak anak dengan membuat kampanye anti rokok melalui festival layang-layang. Bahkan kami melakukan survei kecil-kecilan di Desa Kadilajo, 70 persen anak sudah mengenal rokok berawal dari disuruh membeli rokok oleh orang dewasa,” kata Ketua Panitia Festival Layang-Layang, Nanang Setianto.

Ditanya soal alasan dipilihnya layang-layang, ia mengaku, mainan tradisional itu dapat dimainkan semua orang dan tidak mengenal batasan umur. Apalagi di era sekarang masyarakat disuguhkan dengan berbagai macam permainan modern yang sifatnya individual.

“Kita juga berusaha melestarikan permainan tradisional yang saat ini mulai terkikis dengan gadget dan permainan elektronik lainnya yang bersifat individualis. Permainan layang-layang lebih kompleks dan mengandung adanya interaksi dan olahraga,” terang Nanang.

Sementara, Sekretaris Panitia Festival Layang-Layang, Ruri Putri Kriswanto mengatakan, minimal 50 persen bahan layang-layang yag diterbangkan di langit persawahan Dukuh Grenjeng itu harus terbuat dari bahan bekas atau limbah. Nantinya peserta juga musti menampilkan gambar atau tulisan #KerenTanpaRokok sebagai dukungan untuk FCTC atau Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau.

“Kami bukan anti-tembakau. Bagi yang sudah terlanjur menjadi perokok, merokoklah dengan santun. Jangan di dekat anak kecil atau di tempat yang mustinya bebas asap rokok. Bagi yang tidak merokok hindari dan jangan sampai merokok,” kata Ruri.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge