0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seperti Ini Kemeriahan SBC IX, Klik Disini Yuk

timlo.net/achmad khalik
Kemeriahanan Solo batik Carnival (SBC) IX (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Ekplorasi kostum batik tersaji dalam perhelatan Solo Batik Carnival (SBC) IX, Minggu (24/7). Dengan mengusung tema “Mustika Jawa Dwipa” para peserta melakukan kreasi sedemikian rupa dengan bahan khas batik Solo.

Tak hanya menampilkan keindahan semata, namun dalam penyelenggaraan SBC IX ini para peserta juga mengekplorasi kreatifitas tiap kostum yang dikenakan.

Karnaval diawali dengan devile anak-anak yang mengenakan kostum kreasi SBC. Disusul, dengan devile candi. Dengan mengenakan dominasi warna gelap dan miniatur candi, langsung membius ratusan penonton yang mulai berjubel sejak pukul 14.00 siang.

Disusul, dengan devile lampu yang mengeksplorasi batik dengan warna terang seperti biru muda dan biru tua.

“Dari tema besar, kita bagi menjadi empat bagian yakni candi, lampu, keris dan gamelan,” terang art director SBC IX, Yanuar Pribadi.

DSC_0131

Barisan ketiga, diisi dengan devile keris. Pusaka khas suku Jawa ini menjadi bagian kreatifitas para peserta SBC. Bahan dasar kain batik, dipadu padankan dengan warna kuning emas dan hitam. Sehingga memunculkan kesan tegas sekaligus glamour untuk barisan ini.

Barisan penutup atau akhir, menampilkan devile gamelan. Dimana, dengan eksplorasi alat musik khas Jawa tersebut menyiratkan unsur kekayaan budaya tinggi yang dihasilkan dari sebuah alat musik. Tampilan batik dipadu warna dominasi warna kuning emas dan merah tersebut mampu menjadi pamungkas dari seluruh rangkaian kegiatan SBC IX tersebut.

“Harapannya, dengan penyelenggaraan SBC budaya warisan leluhur khususnya batik akan terus terpelihara dengan sentuhan kreasi seni yang tinggi,” ungkapnya.

Tak hanya pamer kostum semata, namun dalam karnaval tersebut juga turut diarak penghargaan Adipura Kirana yang berhasil disabet oleh Pemkot Solo setelah berpuasa hampir 15 tahun lamanya.

DSC_0141

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge