0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lebaran, Penukaran Uang di Solo Tembus Rp 3,8 Triliun

Dok. Timlo.net/Tyo Eka
Antrean penukaran uang baru di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo (Dok. Timlo.net/Tyo Eka)

Solo – Total realisasi penukaran uang pecahan kecil (UPK) yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, pada akhir Juni lalu mencapai 80 persen dari target. Dari sekian banyak pecahan yang ditawarkan, pecahan uang Rp 10 Ribu yang palng banyak diminati masyarakat.

“Dari alokasi yang kita sediakan Rp 4 Triliun, realisasi yang tersalurkan kemarin mencapai Rp 3,8 Triliun atau sekitar 80 persen,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Sabtu (23/7).

Dikatakannya, dari jumlah yang sudah tersalurkan tersebut paling banyak diminati masyarakat adalah pecahan Rp 10 Ribu dan Rp 5 Ribu. Melihat dari nominal itu, penukaran uang pecahan kecil yang dilakukan masyarakat banyak yang akan digunakan untuk fitrah.

“Untuk pecahan Rp 10 Ribu itu totalnya sekitar 90 persen dari proyeksi yang tersalurkan. Sementara pecahan Rp 5 Ribu sekitar Rp 87 persen,” jelasnya.

Meskipun belum secara keseluruhan tersalurkan, namun pihaknya menilai penyaluran UPK sudah cukup maksimal dan lebih baik dari sebelumnya. Karena selain menggandeng bank umum, pada tahun ini BI juga telah membuat kas keliling disejumlah titik untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge